Syahrani's Weblog Rani-Rina's Weblog
Wednesday, September 01, 2004

Budayamu Akan Selalu Melekat pada Dirimu

Kemarin saya mendapat cerita menarik dari teman saya walaupun saya tau cerita ini adalah bohong coz it was just only a joke. Ceritanya sih pake bahasa Inggris, cuma tak artiin aja yaa... Begini ceritanya:

Ada seorang India yang bermigrasi ke Inggris. Nah, orang India ini pengen merubah dirinya agar bisa seperti orang inggris. Artinya, orang India tersebut harus melepaskan semua budaya ke-india-annya. Bagaimana caranya? simpel aja, ya ikuti budaya Inggris. Akhirnya, dia mempunyai teman bule dan orang bule tersebut memberitahukan karakteristik orang bule itu sendiri. Setelah si India paham, orang India tersebut melakukan apa yang orang Inggris itu katakan keesokan harinya hanya untuk bisa menjadi 'bule'. Orang Inggrisnya pun berjanji akan menjenguknya tiap hari untuk melihat apa yang telah dilakukan orang India tersebut.

Pada hari pertama, yang dilakukan orang India itu aneh sekali. Apa itu? Ternyata dia mengejar anak-anak ayam di halaman belakangnya. Pada waktu orang Inggris datang ke rumahnya, orang Inggris itu kaget. "lah, kok dia ngejar-ngejar ayam?hmm mungkin ini bukan hari yg tepat karena dia masih pake budaya India. Ya sudah saya pulang saja". Begitulah pikir si bule.

Pada hari kedua, orang India melakukan hal yang aneh lagi, Apa itu? Ternyata dia menunggui sapi-sapi yang lagi ngeluarin kotorannya dan mendekatkan mukanya ke kotoran itu. Si Inggris pun melihat hal tersebut menjadi sangat heran. Akhirnya dengan keberaniannya si Inggris bertanya ke orang India tersebut.

"Mengapa kamu kemarin dan hari ini melakukan hal-hal yang tidak dilakukan oleh orang Inggris? Mengapa kamu kemaren mengejar ayam-ayam dan sekarang menunggui sapi-sapi itu mengeluarkan kotorannya?," tanya si Inggris.

"lah kamu itu gimana toh mas, bukannya Anda kemarin yang menyuruh saya untuk mengejar ayam-ayam dan mendengarkan sapi-sapi itu mengeluarkan kotorannya?" jawab si India. dengan mudahnya sambil terheran-heran juga.

Walhasil, ternyata si India salah merepresentasikan perkataan si orang Inggris tadi. Orang Inggris itu ternyata berkata bahwa tipikal orang Inggris atau bule itu secara umum ada 2, yaitu:
  1. British guy loves to chase and catch some chicks as many as they can (Arti chicks sendiri dalam bahasa inggris berarti anak ayam, tapi juga berarti cewek-cewek, jadi tak salah orang India tersebut melakukan hal tersebut).
  2. British guy loves to listen to bullshit (yup, secara letterleg, bullshit adalah kotoran sapi or kerbau, jadi lagi-lagi si India tak salah).
Si India memang tak salah tapi kesalahannya adalah salah mengartikan perkataan si Inggris. Hasilnya, pekerjaan bodoh itulah yang dilakukan si India.

Ternyata, dimanapun dan bagaimanapun kita ketika berada di negeri orang, nilai-nilai budaya daerah asal kita akan selalu tetap melekat di diri kita walaupun itu hanya sedikit. :)


Shah Rukh Khan

VS



David Beckham


Izinkan saya menutup tulisan ini dengan mengutip perkataan 2 orang:
  • Abdullahi Ahmed An-Na’im, pemikir asal Sudan dan juga Guru besar bidang hukum di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat, "Bagaimana pun globalnya pemikiran kita, kita harus berkelakukan secara lokal. How global we think, we should act locally."
  • Perkataan Tina (Rani Muherjee) pada Rahul (Shah Rukh Khan) dalam film populernya "Kuch Kuch Hota Hai", "Walaupun saya besar dan dididik di negeri orang, tapi saya tidak akan pernah melupakan kebudayaan saya."
Perkataan 2 orang inilah yang sekiranya sesuai dengan tulisan diatas...

*Saya bukan penggemar fim India lhoo........ :) btw, itu 2 foto diatas ada yang mirip saya enggak yaaa?? *muka memerah karena malu mirip mereka berdua*.. Huauhahaha




Author

Rani

"Syahrani's Weblog" is where I restore everything (writings, stories, religious, social, politics, current affairs, marketing, thoughts, sports, internet, essays, pictures or what so ever) that amazed me during time.

A 23 year-old, worker, family-man and a Post-Graduate MBA student. Living in Melbourne (Australia). Email: syahrani AT gmail.com .

Ads


Archives

August 2004
September 2004
October 2004
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
February 2007
April 2007
May 2007
April 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
January 2009

Friends

*)Iin
Abhirhay
Adai
Avianto
Bahtiar
Benny Chandra
Budi Rahardjo
Budi Wijaya
Canti
Diaz Fitra
Didats Triadi
Dody
Emil
Enda Nasution
Farhana
Farid Gaban (Pena Indonesia)
Farid Gaban (Solilokui)
Fisto
Goiq
Guntur
Hermawan Kartajaya
Idban
Ikhlasul Amal
Imponk
Kere Kemplu
Mbak Syl
Lantip
Luluk
Maknyak
Manda
MDAMT
Nurani Susilo
Priyadi
Riza Nugraha
Rudy
Sa
Thomas Arie Setiawan
Tiwi
Wimar Witoelar
Yulian Firdaus

Credits

Blogger
Haloscan
Photobucket


Nedstat Basic - Free web site statistics Personal homepage website counter