Sunday, September 26, 2004
Super Size Me vs McDonalds
Pada suatu saat ada beberapa anak-anak amerika di test pengetahuannya dengan ditunjukkan gambar seorang tokoh (dari George Bush sampai Jesus). Hasilnya, tokoh yang paling mereka kenal adalah RONALD MCDONALD (empunya McD or Maccas or What so ever it's named)...!!! Mengapa? jawabannya banyak, tapi kita bisa menganalisa 1 hal..! Apa itu? McDonalds punya segalanya..! Dia punya marketing yang kuat, punya franchise yang luar biasa keuntungannya, selalu menjadi sponsor dan yang simpel, Dia punya Playground buat anak-anak dan Birthday Party buat anak-anak juga..! simpel bukan? Simpel, tapi inilah yang menjadikan McD menjadi market leader..!They're making millions of dollars and nobody wants to stop that if they have millions of revenue..!! Lebih lanjut dalam film ini disebutkan bahwa Amerika adalah negara pertama yang menghadapi problem obesitas..!! Mengapa? Karena mereka "dimanjakan" oleh Junk food McDonalds setiap hari dan sebagai bentuk "permanjaan" dari mcDonalds buat konsumennya adalah menambah Ukuran Coca-Cola, French fries, ataupun Burgernya. Asal tahu saja, kalau biasanya ada 3 ukuran makanan Small, Medium, Large, maka tren sekarang menambahnya dengan SUPER SIZE...!!
Adalah film documentary SUPER SIZE ME karya Morgan Spurlock, film doco yang muncul sebelum doco-nya Michael Moore Fahrenheit 9/11, yang menceritakan dan mengungkap fakta seperti diatas..! Film ini sungguh menarik untuk diliat dan tak kalah dengan 9/11..!! Berbagai fakta, peristiwa, marketing sampai eksperimen dari yang "bikin film" masuk dalam doco ini. Bermula dari seorang yang kurus, atletis, sehat dan proporsoinal, Dia berani mencoba tantangan tergila dalam hidupnya..!! Apa itu?
Hidup, makan, "bergumul", "bercinta" dan minum dengan segala sesuatu yang tersedia di McDonalds selama 1 bulan tiada henti..!! Sebelum melakukan eksperimen itu,dia menyediakan beberapa dokter dan penasehat gizi. Seseorang yang awalnya atletis dan sehat yang sehari-harinya makan sayur dan kentang dan daging yang fresh, harus bergumul dengan kentang yang Genetically Modified (GM), sayur yang juga GM serta daging dan ayam yang "diambil Hak asasi"nya dengan "dipaksa dewasa" sebelum waktunya dan dimasak tak kurang dari 30 menit (fast food).. Apa yang akan terjadi? Beratnya bertambah 24.5 pound, cholesterol dari 165 jadi 230, menambah 2 kali terhadap resiko serangan jantung, lebih mudah stress dan capek, sering pusing, dan dokter yang semula optimis akan tekanan darahnya, berubah menjadi Pesimis..!! Mau tau lebih lanjut? Tonton aja filmnya, mas..!!
Sebelum saya menutup tulisan ini cobalah tengok ini dan saya akan akhiri tulisan ini dengan ungkapan Ray Kroc yang dipegang teguh dan telah jadi bible-nya McD:
Adalah film documentary SUPER SIZE ME karya Morgan Spurlock, film doco yang muncul sebelum doco-nya Michael Moore Fahrenheit 9/11, yang menceritakan dan mengungkap fakta seperti diatas..! Film ini sungguh menarik untuk diliat dan tak kalah dengan 9/11..!! Berbagai fakta, peristiwa, marketing sampai eksperimen dari yang "bikin film" masuk dalam doco ini. Bermula dari seorang yang kurus, atletis, sehat dan proporsoinal, Dia berani mencoba tantangan tergila dalam hidupnya..!! Apa itu?
Hidup, makan, "bergumul", "bercinta" dan minum dengan segala sesuatu yang tersedia di McDonalds selama 1 bulan tiada henti..!! Sebelum melakukan eksperimen itu,dia menyediakan beberapa dokter dan penasehat gizi. Seseorang yang awalnya atletis dan sehat yang sehari-harinya makan sayur dan kentang dan daging yang fresh, harus bergumul dengan kentang yang Genetically Modified (GM), sayur yang juga GM serta daging dan ayam yang "diambil Hak asasi"nya dengan "dipaksa dewasa" sebelum waktunya dan dimasak tak kurang dari 30 menit (fast food).. Apa yang akan terjadi? Beratnya bertambah 24.5 pound, cholesterol dari 165 jadi 230, menambah 2 kali terhadap resiko serangan jantung, lebih mudah stress dan capek, sering pusing, dan dokter yang semula optimis akan tekanan darahnya, berubah menjadi Pesimis..!! Mau tau lebih lanjut? Tonton aja filmnya, mas..!!
Sebelum saya menutup tulisan ini cobalah tengok ini dan saya akan akhiri tulisan ini dengan ungkapan Ray Kroc yang dipegang teguh dan telah jadi bible-nya McD:
"Look after the consumer and the business will take care of itself"
Walaupun film ini muncul dan menyerang McD, tapi kedigdayaan McD tetap tak terbendung. Jutaan orang masih membeli dan fanatik akan McD.. How about Us..??Apa film ini akan mengubah pandangan Anda thd Junk food? Again, readers answer...