Syahrani's Weblog Rani-Rina's Weblog
Monday, November 01, 2004

Dunia ini adalah Dunia E

Dunia E Dunia E. Tanpa kita sadari, huruf yang sedang membumi di dunia adalah E. Berikut adalah beberapa kata yang mengandung huruf E: Entertainment, Electronic, Toilet, Teknologi, pembalut, blogger dan lain-lain. Kata-kata itu mengandung huruf E. Sebagai salah satu diantara 5 huruf vokal dalam jajaran huruf alphabet, huruf E sangat diperhitungkan di dunia perhurufan. Terlebih di jaman sekarang, Saya menyebutnya dunia E. Tulisan kali ini gak akan mbahas ttg pembalut or brengsek (uuuppsiiee.. :D) yang ada huruf E-nya. Tapi E disini mengarah kepada Electronic. Bagaimana tidak, dunia ini sedang dikuasai oleh makhluk bernama electronic or elektronik. Mulai dari E-mail sampai E-banking. Tentunya, E di setiap awal kata bermakna Electronic kecuali Elo yang bermakna kamu. Berikut beberapa ulasannya:

E-mail, kependekan dari Electronic mail. E-mail membolehkan kita untuk mengirim surat secara individual atau kolektif lewat internet. Nama e-mail sangat familiar di telinga kita, apalagi buat Anda bloggers sudah tak asing lagi dengan istilah ini bahkan sampai ngelinthek (baca: mengelupas) di otak Anda. Contoh kalimat "Kirimlah e-mail kepada diriku", ini berarti kamu disuruh ngirim e-mail kepada si Dia. Seiring dengan laju jaman dan informasi yang tak terbendung, e-mail pun sering berubah penulisannya, apalagi buat kalangan SMSers dan Chatters. E-mail bisa berubah bentuk jadi imel, mel, mail, atau bahkan merujuk kepada site2 penyedia imel (maaf, e-mail) maca Yahoo!, Hotmail, gmail dll. Ini wajar, semakin hari orang semakin ingin gampangnya sendiri, jadi e-mail pun berubah penulisan menjadi kata2 tersebut.

E-Banking, kependekan dari Electronic Banking. Ini memperbolehkan kita untuk tidak datang ke cabang BNI, Bank Mandiri, dan bank-bank lainnya dan antri dengan radius Anda dan teller sejauh ratusan meter yang dipisahkan oleh tembok manusia. Cukup masuk ke Dunia maya, datang ke sitenya, klik sana dan sini, transaksi beres. Peringatan Saya, tolong jangan melakukan pengambilan uang lewat E-banking, karena uangnya gak akan keluar! peringatan lagi, jangan sembarangan transaksi di komputer orang. Karena siapa tau ada third party (bukan pesta ketiga lhoo yaa) alias orang ketiga yang mengintip, mengintai, melototin, nyolong, or apapun namanya itu. Terlebih tingkat kejahatan yang semakin meninggi!

E-shopping. Kependekan dari electronic shopping. Contoh site-nya ada eBay. Ini adalah site untuk melelang barang-barang Anda. Kemudahan E-shopping adalah anda bisa shopping barang-barang electronic. Eh salah! E-shopping mempermudah kita untuk duduk di rumah menikmati segelas kopi sambil baca koran. Cukup masuk ke dunia serat optik, masuk ke site yang kita tuju, pilih barang yang kita beli, dan dalam waktu tertentu barang akan sampe di rumah Anda. Sebagai peringatan, jangan lupa membayar! kalau gak bayar, jangan harap barang sampe di rumah Anda! Tapi kalo Anda membayar, jangan berharap banyak barang itu sampe ke rumah Anda. Karena, satu hal yang tidak dipunyai internet adalah TRUST! Kepercayaan! Saling percaya antara Anda dan barang. Eh salah, antara Anda (konsumen) dan produsen :)

E-library, kependekan dari Eletcronic library. Membolehkan Kita untuk menghindari membaca buku di perpus berjam-jam bahkan berhari2 menunggu buku yang kita harapkan dan dipinjam orang lain untuk segera kembali. Syaratnya gampang, Anda harus punya uang! Percayalah, tanpa uang, Anda gak bisa beli buku-buku itu. Dunia ini komersil? Silakan Anda sendiri bebas untuk menilainya :)

E!, kependekan dari electronic !... bukan, Anda salah! E! adalah logo dari Entertainment channel yang biasanya ada di TV cable. Kalau di rumah Anda hanya masang Antena biasa, jangan harap Anda temukan channel ini. Silakan datang aja ke agen-agen indovision untuk pemasangan. Di channel ini Anda bisa menikmati sajian selebriti dunia macam Britney, Christina, Renee Zellweger dan berbagai artis hollywood (ingat bukan bollywood!) yang jauh lebih bagus kualitasnya dibandingkan dengan Kabar-kabari, Cek dan re-cek dan berbagai macam infotainment. Jangan harap Anda temukan Syahrani di channel ini, karena Syahrani adalah penyanyi Jazz Indonesia terkemuka (oooh itu Syaharani yaaa!)... Jiplak dia aah :)

E-music, electronic music. Jaman sekarang, Anda tidak harus datang ke toko-toko kaset untuk mencari lagu-lagu chill out, the Beatles dll. Cukup datang ke site2 penyedia e-music, Anda bisa mencari artis favorit Anda. Kalau mau download lagu-lagu kesayangan yang lain secara gratis, milikilah software macam Kazaa, Bittorent, dll. Niscaya Anda akan mudah memperoleh lagu-lagu terbaru di belahan dunia ini :)

Eke alias eike, berarti Aku (apa hubungannya yaa??!! Never mind:D). Kata ini sangat akrab apabila Anda bertemu dengan Dorce, Tata Dado ataupun Ivan Gunawan dan sebangsanya. Entah darimana asal kata ini tapi kata ini sangat akrab di kalangan banci-banci Indonesia. Kata-kata lain yang sering diplesetkan adalah begitu jadi begindong, banci jadi bencis, dll. Maklum, mengingat Saya bukan dari kalangan mereka jadi perbendaharaan kata Saya ttg itu sangat minim sekali :)

Sebetulnya masih banya E-E yang lain kalau kita mau cari.hehe.. tapi kalo aku tulis disini, gak akan muat laaah :)

Hiks... Dari tadi ngalor-ngidul gak karuan mau ngomong apa. Saya cuma mau ngomong tentang E-ticket. Kependekan dari apa? Pinteeerrr!!! Iya bener, e-ticket mempermudah kita untuk pergi kemana-mana hanya bermodal Kartu ID. Mudah? memang sangat mudah. Tapi Saya kurang tau persis apakah di Indonesia udah ada e-ticket apa belum. Yang jelas disini e-ticket bukan suatu yang baru. Saya, misalnya, yang beberapa waktu dekat akan mudik (Alhamdulillah :)), cukup datang ke travel agent, minta seat pesawat tanggal sekian jam sekian, pilih airlines, si travelnya nge-print secarik kertas sbg reminder kita, dan off we go! Nanti di airport, cukup datang bawa ID yang ada fotonya, tunjukkan, dan boarding pass pun sudah tersedia buat kita! Itulah salah satu layanan Singapore Airlines (SQ) yang akan Saya tumpangi nanti. Salah satu keuntungan e-ticket adalah praktis, ekonomis dalan artian menghemat kertas perusahaan untuk tiket, dan lebih aman in case lupa tiket di rumah (setidaknya ada ID di dompet) :) Bayangkan aja kalo satu perusahaan bisa nge-save kertas per hari berapa, ini berarti mereka menambah pundi-pundi keuntungan mereka. Bisa nggak yaa e-ticket di Indonesia? yang ada di pikiran Saya, sulit! kenapa? coz banyak orang-orang Indonesia yang gak punya ID (berfoto). Pikiran Saya lagi tertuju pada seorang nenek tua yang akan naek pesawat dengan fasilitas e-ticket kemudian ditanya IDnya. Si nenek pun berkata, "Lah ID niku nopo tho kulo kok mboten semerap?" ("ID itu apa toh kok Saya gak tau")..hehehe yah itulah reliata kita :)

Mengapa Saya pilih SQ? Bukan karena jiwa nasionalisme saya kurang, tapi karena harga Garuda Indonesia dan SQ, hanya beda 1 dolar! (ngeleess..hohoho).. Sebagai orang yang normal, Saya jelas pilih SQ. Layanan yang OK, pramugari yang cantik, pesawat yang gede, ada personal TV dan bisa pilih2 channel, bisa maen games, dan satu lagi, mampir ke Singapore gratis!Hahaha yaa jelas pilih SQ dong!

Oh iya, sekalian mau pamit nih buat semua penikmat blog ini. Mau mudik Saya.. Mulai minggu depan InsyaAllah.. Hehehek seneng. Akhirnya, bisa STOP sejenak dari segala kepenatan dan lari dari pelajaran. Blog ini mungkin akan di update walaupun gak sesering biasanya. Tapi, mungkin Saya akan lebih banyak mencurahkan tenaga dan pikiran (ceeiilleee) dan lebih banyak nge-blog di blog satunya (Bengkel Kami).. Saya juga tetap Syahrani.hehehe yang berubah mungkin YM, MSN dan cek e-mail gak bisa online setiap saat karena keterbatasan yang ada. Anyway, maafin Saya kalo ada salah-salah yaa teman2.. Belum hari raya sih, tapi gak ada salahnya kan. Buat yang mudik, met mudik..!! Ayoo mudik2...!! buat yang nggak mudik jangan bersedih! bair gak sedih berilah selamat kepada orang yang mau mudik.. Niscaya Anda serasa mudik :)

Dunia E adalah dunia kita, sadar ataupun tidak, hurup E dan peranan E sangat diperhitungkan di dunia ini :) Selamat berlebaran guys! Ada tambahan untuk E-E yang lain?



Author

Rani

"Syahrani's Weblog" is where I restore everything (writings, stories, religious, social, politics, current affairs, marketing, thoughts, sports, internet, essays, pictures or what so ever) that amazed me during time.

A 23 year-old, worker, family-man and a Post-Graduate MBA student. Living in Melbourne (Australia). Email: syahrani AT gmail.com .

Ads


Archives

August 2004
September 2004
October 2004
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
February 2007
April 2007
May 2007
April 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
January 2009

Friends

*)Iin
Abhirhay
Adai
Avianto
Bahtiar
Benny Chandra
Budi Rahardjo
Budi Wijaya
Canti
Diaz Fitra
Didats Triadi
Dody
Emil
Enda Nasution
Farhana
Farid Gaban (Pena Indonesia)
Farid Gaban (Solilokui)
Fisto
Goiq
Guntur
Hermawan Kartajaya
Idban
Ikhlasul Amal
Imponk
Kere Kemplu
Mbak Syl
Lantip
Luluk
Maknyak
Manda
MDAMT
Nurani Susilo
Priyadi
Riza Nugraha
Rudy
Sa
Thomas Arie Setiawan
Tiwi
Wimar Witoelar
Yulian Firdaus

Credits

Blogger
Haloscan
Photobucket


Nedstat Basic - Free web site statistics Personal homepage website counter