Syahrani's Weblog Rani-Rina's Weblog
Friday, October 07, 2005

Swapping Lives and Neighbour

Selepas dari kampus untuk berbuka puasa kemarin langsung duduk depan komputer sambil menyalakan TV. Tak sengaja menyalakan SBS, salah satu TV milik pemerintah. Sebetulnya saya suka sekali dengan SBS. Terutama untuk acara2x dokumenter, current affairs, news, dan lainnya. Film yang diputar pun bukan film Hollywood, melainkan film2x internasional dari berbagai macam negara. Fungsinya adalah mengimbangi film2x produksi Hollywood. Konon, film AADC juga pernah diputar.

Heran juga waktu melihat acaranya waktu itu. Ada adegan fashion show dengan background tulisan berbahasa Indonesia. Maka saya yakin itu acara Indonesia. Ah, ternyata acara ini adalah Swapping lives yang saya juga pernah baca di salah satu quicklinksnya om Enda.

Swapping lives adalah kisah 2 orang wanita. Satu bernama Violet (19thn, warga Australia) dan satu lagi bernama Dewi, orang Indonesia. Mereka berdua saling bertukar tempat tinggal secara bergantian. Si Violet pergi ke Jogja dan berbicara tentang realitas masyarakat. Begitupun si Dewi pergi ke Sydney untuk merasakan budaya sini yang jauh berbeda. Mereka diberi sebuah kamera video untuk mengabadikan perjalanannya dan saling berargumen bahkan mengcounter argumen satu sama lain. Dokumenternya sendiri sangat menarik. Mungkin karena saya suka banget dengan budaya and social reality.

Salah satu poin yang sempat terekam yaitu si Violet berkata kenapa kok model2x yang ada di fashion show itu memakai mini-skirt (rok mini) sedang ketika ia turun dari panggung ia pergi ke masjid dan bersembahyang, "bukankah semua itu bertentangan dengan agamanya?". Begitu ujarnya. Satu lagi ketika Violet bertanya kenapa hanya wanita belum menikah saja yang selalu dihantui agar perawan sedang laki2x tidak. Mungkin karena di bahasa inggris istilah perawan dan perjaka itu sama2x berarti virgin. Beberapa topik yang lain adalah sex before marriage, poligami yang selalu menjadi topik menarik buat orang Australia, Drugs, gay and lesbian, dan berbagai topik lainnya.

Untuk pendapat Dewi dan kawan2xnya (pas di Indonesia) saya rasa kurang menggigit dan nendang. Jawaban dan counter argumen yang dikeluarkan sangat datar (bisa baca sendiri jurnalnya). Saya pun agak kecewa. Mungkin ini adalah didikan sebagian besar masyarakat kita yang selalu nurut pada guru or ortu tanpa bertanya "kenapa?" atau selalu menerima doktrin2x tanpa melihat latar belakangnya yang lagi2x membuat kita taklid. Bahkan di acara TVnya, ada yang sempat berkata bahwa "wanita atau istri disini (indonesia) dilarang bekerja karena dilarang oleh religion (agama)". Setahu saya, tidak ada satu ayatpun dalam alQur'an yang melarang istri bekerja. Kebanyakan istri tidak bekerja adalah gesekan dari budaya kita atau bahkan di asia (sebut saja Geisha di Jepang), bukan pengaruh agama. Potret masyarakat Indonesia, terutama generasi orang tua kita dan sebelumnya, banyak yang menjadikan wanita hanya memasak di rumah, mengurus rumah dan anak2x.

Link lain yang menarik yang saya dapat malam ini ada diskusi berjudul Neighbour juga di SBS. Transkripnya bisa dilihat disini. Diskusi ini melibatkan jurnalis Australia dan orang2x ternama Indonesia macam Wimar Witoelar (yang baru saya ketahui juga adalah profesor dari Deakin University), Desi Anwar (Jurnalis senior yang saya suka sejak kecil), Yenny Wahid (Anaknya Gus Dur yang juga baru saya ketahui adalah Jurnalis Sydney Morning Herald), Alpha Ammirachman (jurnalis), Angelina Sondakh (anggota DPR, kalau tidak salah mantan putri Indonesia?), Chusnul Mar'iyah (Dosen UI), Thang Nguyen (Jurnalis), A. Syafi'i Ma'arif (mantan PP Muhammadiyah), Sadjanan Parnohadiningrat (mantan dubes Indonesia untuk Australia), Hermawan Kartajaya (Pakar Marketing), Endi Bayuni (Jurnalist The Jakarta Post), Hariman Siregar (Mantan Penasehat Presiden) dan lain sebagainya. Diskusi ini membahas bagaimana stereotype2x masyarakat Australia terhadap orang Indonesia dan hubungan pertetanggaan.

Beberapa poin, mereka berpendapat bahwa orang Australia cenderung rasist dan arogan, mempunyai stereotype2x yang jelek terhadap kita dan yang lainnya. Wimar dan Desi pun sepakat. Hermawan Kartajaya bahkan juga membuat postingan di blognya. Bahkan hampir di akhir diskusi Hariman Siregar dengan tegas mengatakan "Kalian (Australia) butuh Soeharto. Dulu kalian begitu sopan kepada kami waktu itu. Sayang kami belum punya Soeharto lagi". Memang tak salah apa yang diucapkannya. Ada perbedaan rasa ketika dulu saya tinggal disini 14 tahun lalu dengan sekarang.

Hmm dua link yang worth untuk dibaca. Terutama yang "Neighbour" sangat recommended. Very interesting and you can feel how I feel especially after the Bali bomb II. Terrible.



Author

Rani

"Syahrani's Weblog" is where I restore everything (writings, stories, religious, social, politics, current affairs, marketing, thoughts, sports, internet, essays, pictures or what so ever) that amazed me during time.

A 23 year-old, worker, family-man and a Post-Graduate MBA student. Living in Melbourne (Australia). Email: syahrani AT gmail.com .

Ads


Archives

August 2004
September 2004
October 2004
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
December 2006
February 2007
April 2007
May 2007
April 2008
August 2008
September 2008
October 2008
November 2008
January 2009

Friends

*)Iin
Abhirhay
Adai
Avianto
Bahtiar
Benny Chandra
Budi Rahardjo
Budi Wijaya
Canti
Diaz Fitra
Didats Triadi
Dody
Emil
Enda Nasution
Farhana
Farid Gaban (Pena Indonesia)
Farid Gaban (Solilokui)
Fisto
Goiq
Guntur
Hermawan Kartajaya
Idban
Ikhlasul Amal
Imponk
Kere Kemplu
Mbak Syl
Lantip
Luluk
Maknyak
Manda
MDAMT
Nurani Susilo
Priyadi
Riza Nugraha
Rudy
Sa
Thomas Arie Setiawan
Tiwi
Wimar Witoelar
Yulian Firdaus

Credits

Blogger
Haloscan
Photobucket


Nedstat Basic - Free web site statistics Personal homepage website counter